Laporan Kegiatan ANIMAC: Japan Learning Center

Banner JLC

Banner JLC.

Sabtu, 27 Juni 2015 yang lalu menandai penyelenggaraan pertama Japan Learning Center (JLC) oleh UKM ANIMAC STAN. JLC sendiri direncanakan akan menjadi agenda tahunan ANIMAC, yang diselenggarakan dalam format seminar bertemakan “Exploring Japanese Culture”, yang mengangkat topik-topik tertentu seputar Negeri Sakura.

 

IMG_0365

Antusias para peserta yang datang lebih awal, sebelum acara dimulai.

Dalam penyelenggaraan JLC perdana kemarin, topik yang diangkat adalah “Pengalaman tugas belajar (beasiswa) ke Jepang”. Untuk memberikan gambaran yang riil kepada para peserta, panitia mengundang beberapa orang narasumber, yaitu:

  1. Riefky Pujiarso, Direktorat Ekstensifikasi dan Penilaian, Direktorat Jenderal Pajak
  2. Evan A Rosyidin Anwar, Direktorat Intelijen dan Penyidikan, Direktorat Jenderal Pajak; dan
  3. Fakhri Ahadi, Direktorat Transformasi Proses Bisnis, Direktorat Jenderal Pajak.
IMG-20150627-WA0002

CEO ANIMAC, Muhammad Bestari (D-IV Akuntansi) membuka acara JLC.

Acara diawali dengan sambutan oleh Chief Executive Officer (CEO) UKM ANIMAC, Saudara Muhammad Bestari.

[Nama Pembicara] selaku narasumber JLC.

Narasumber, Riefky Pujiarso.

Saudara Riefky Pujiarso menyelesaikan pendidikan Master of Economics (S2) di Yamaguchi University (山口大学/Yamaguchi Daigakuen). Beliau menyampaikan tentang kehidupan sehari-hari sebagai mahasiswa selama menjalani studi di Jepang. Beliau berbagi banyak pengalaman unik yang dirasakannya selama tinggal di Negeri Sakura, mulai dari tempat tinggal, transportasi, hingga pergaulan dengan masyarakat sekitar.

peserta tampak antusias mengikuti seminar

Peserta tampak antusias mengikuti seminar.

_DSC015s6

Narasumber, Evan A Rosyidin Anwar.

 

Saudara Evan A Rosyidin Anwar juga menyelesaikan pendidikan Master of Economics di Yamaguchi University. Menurut beliau, pengalaman beasiswa ke Jepang bukanlah hal yang bisa didapatkan dengan mudah, perlu perjuangan ekstra keras untuk mendapatkannya. Usaha tersebut dimulai sejak jauh-jauh hari sebelumnya, mulai dari belajar bahasa Inggris, berlatih TPA, berlatih wawancara, dan sebagainya. Tentu hal ini menjadi pelecut semangat peserta seminar untuk terus berusaha meraih apa yang ingin diraihnya. Menurut beliau lagi, sebenarnya kesempatan untuk mendapatkan beasiswa ke Jepang cukup terbuka bagi yang mau berusaha, sebab sebenarnya banyak penawaran beasiswa yang bisa dimanfaatkan.

IMG-20150627-WA0004

Narasumber, Fakhri Ahadi.

Untuk menjelaskan kondisi terkini terkini mengenai seleksi beasiswa, panitia juga menghadirkan Saudara Fakhri Ahadi. Beliau merupakan lulusan Diploma-IV 2009/2010, dan baru saja diterima beasiswa Joint Japan/World Bank Graduate Scholarship Program (JJ/WBGSP) di Yokohama National University (横浜国立大学/Yokohama Kokumin Daigaku). Menurut beliau, sebenarnya banyak penawaran beasiswa yang dapat dimanfaatkan oleh pegawai alumnus STAN. Untuk pegawai Kemenkeu sendiri, secara umum beasiswa dibagi menjadi dua, yakni yang terbuka untuk umum (beasiswa mandiri), atau yang ditawarkan khusus untuk pegawai Kemenkeu (targeted). Untuk beasiswa yang targeted sendiri ada yang dikelola PPSDM, atau yang ditawarkan langsung oleh penyelenggara beasiswa. Masing-masing memiliki prosedur dan metode seleksi yang berbeda-beda.

Foto bersama setelah selesai acara. Dari kiri ke kanan: Fajar Fathurahman (Korlak Acara), Yusri (MC), Fakhri Ahadi (Narasumber), Muhammad Bestari (Penanggung jawab acara), Riefky (Narasumber), Evan (Narasumber).

Foto bersama setelah selesai acara. Dari kiri ke kanan: Fajar  (Korlak Acara), Yusri (MC), Fakhri  (Narasumber), Bestari (Penanggung jawab acara), Riefky (Narasumber), Evan (Narasumber) dan putra-putrinya.

Seminar diakhiri dengan sesi tanya jawab, dimana peserta tampak cukup antusias bertanya seputar bagaimana cara memperoleh beasiswa ke Jepang.

Penampilan musik akustik dari anggota ANIMAC.

Penampilan musik akustik dari anggota ANIMAC.

Sebagai bagian dari acara, panitia juga menampilkan hiburan bagi peserta berupa musik akustik. Beberapa anggota ANIMAC yang tergabung dalam Hikari Band membawakan lagu Hikaru Nara dari Goose House (OST. Shigatsu wa Kimi no Uso) dan Sobakasu dari Judy and Mary (OST. Samurai X).

 

Di penghujung acara, panitia juga membagikan door prize bagi peserta JLC yang beruntung, yakni berupa Mug, Keychain, serta gratis photobooth dengan menggunakan Yukata dan Hakama.

Gratis Foto menggunakan Yukata bagi beberapa peserta yang beruntung.

Gratis Foto menggunakan Yukata.

 

You may also like...